Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Terbaru

KACANG BAMBU ARANG AKTIF

KACANG BAMBU ARANG AKTIF

BAMBU ARANG AKTIF?
Arang Bambu (Bambu Charcoal) terbuat dari tumbuhan bambu. Banyak orang mengira bahwa arang adalah bahan bakar untuk membakar makanan seperti sate, barbekyu, dsb. Tetapi sebenarnya kegunaan arang sebagai bahan bakar tersebut hanyalah satu dari sekian banyak kegunaannya. Ternyata arang bambu dapat digunakan sebagai bahan makanan yang sehat. Sebelum lebih jauh melihat kegunaan arang  sebagai bahan makanan, ada baiknya melihat dulu proses dari arang bambu tersebut dari bambu hingga menjadi arang aktif.
Arang dihasilkan dari proses pemanasan yang membuang materi-materi “non-carbon” hewani atau nabati. Pemanasan ini dilakukan dengan mengkondisikannya dalam suhu tertentu di ruang hampa udara (oxygen). Materi-materi yang ada dari bambu akan terbakar habis dan menyisakan hanya arang.[1] Setelah menjadi arang, lewat peoses pertama yang disebut dengan istilah ‘kabonisasi’, selanjutnya masuk pada langkah berikutnyanya yaitu pembakaran/pemanasan tahap kedua yang dilakukan dengan menggunakan ruang kedap udara dengan suhu tinggi ekstrim, disebut dengan istilah proses ‘aktivasi’. Dari proses yang memakan waktu kurang lebih 1-2 hari ini menghasilkan bambu dengan luas permukaan 500-1500 m2, sehingga sangat efektif menangkap partikel-partikel yang sangat halus berukuran 0.01-0.0000001 mm.

 APAKAH ARANG BAMBU BERBAHAYA BAGI KESEHATAN?
Arang Aktif bukan karsinogen. Justru dalam faktanya dipergunakan di rumah sakit-rumah sakit untuk membantu mengontrol anemia yang selalu diasosiasikan dengan kanker. “Kami menerima surat-surat individual yang berisi tentang laporan kanker yang mengecil atau bahkan menghilang dengan terapi arang aktif” [2] Perlu diketahui, bahwa karsinogen terbentuk dari menempelnya minyak dari daging, ikan, burung dengan arang yang membara. Pada saat inilah kemungkinan terjadi kontaminasi terhadap makanan yang sedang dibakar tersebut. Peristiwa ini mengubah struktur kimia lemak tersebut menjadi “benzopyrenes” yang adalah karsinogen ekstrem. Jadi keliru sekali bila beranggapan arang sebagai karsinogen.

APA FUNGSI/KEGUNAAN ARANG BAMBU AKTIF?
Arang Bambu Aktif, memiliki daya serap terhadap substansi organik maupun an-organik yang sangat kuat. Juga berguna untuk menyerap gas, gas akan terperangkap dalam arang sehingga arang aktif ini juga baik untuk penyembuhan keracunan makanan, diare, bakteri, saluran usus dan juga baik untuk detox saluran pencernaan.

Arang bambu yang memiliki banyak manfaat ini kemudian diolah menjadi berbagai macam makanan, dipelopori di Jepang, kemudian Taiwan dan merambah  ke Amerika dan sekarang menjadi kuliner yang paling ‘Booming’ di seluruh dunia.
  
Kacang Bambu Arang adalah salah satunya, teksturnya yang tidak biasa sekilas seperti arang itu sendiri dan berongga-rongga seperti batu meteor. Bukan itu saja cita rasanya yang tinggi membuat satu gigitan tidak pernah cukup, layak untuk dicoba.