Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Terbaru

Arang Aktif Si Penyerap Racun

Sering kali kita tidak memperhatikan apakah makanan yang kita konsumsi setiap hari sudah cukup aman dari kuman dan jamur sehingga gejala keracunan seperti pusing, mual, diare, dan kram perut tidak dapat dihindari. Ada beberapa obat bambu yang dapat digunakan untuk mengatasi dan mengurangi keluhan yang diderita akibat keracunan, salah satunya adalah arang aktif atau norit. Norit  terbuat dari arang yang telah diaktifkan, tetapi bukan arang yang biasa digunakan untuk membakar sate. Pembuatan norit melalui suatu proses dengan bahan baku berupa kayu, batu bara, kulit kacang, atau serbuk gergaji yang diolah dengan cara kimia, yaitu dengan mencampurnya dengan asam, atau dengan cara mengukusnya menggunakan uap atau gas pada temperatur tinggi.

Jika arang bambu aktif diperiksa dibawah Scanning Electron Microscopy, akan terlihat pori-pori dalam jumlah yang sangat besar. Dengan gaya Van der Walls yang dimilikinya, pori-pori tersebut mampu menangkap berbagai macam bahan, termasuk bahan beracun. Oleh karena itu arang aktif dapat digunakan pada kasus overdosis obat, keracunan makanan, atau tertelan bahan beracun lainnya. Kemampuan arang aktif dalam  menangkap racun  hanya terjadi di lambung dan usus, ketika zat beracun belum terserap dan masuk ke dalam peredaran darah. Sehingga, semakin cepat diberikan, semakin banyak racun yang dapat diserap. Namun, tidak semua bahan dapat diserap oleh arang aktif. Beberapa di antaranya yang tidak dapat diserap adalah litium, asam atau basa kuat, logam dan bahan inorganik (misalnya, natrium, besi, timah, arsen, yodium, fluorin, dan asam borat), alkohol (misalnya etanol, metanol, isoprofil alkohol, glikol, dan aseton), dan hidrokarbon (seperti minyak tanah, bensin, oli, dan hidrokarbon tumbuhan seperti minyak pinus).
Norit relatif aman dan tidak mengiritasi dinding salurang pencernaan. Tapi sebaiknya digunakan atas nasehat dokter Anda. Efek samping tersering adalah konstipasi (buang air besar tidak lancar). Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuannya yang dapat juga mengadsorbsi zat gizi dan vitamin yang diperlukan tubuh sehingga arang aktif tidak boleh terlalu sering digunakan. (NANDA)

Arang aktif digunakan dalam pengobatan darurat beberapa jenis keracunan. Ini membantu mencegah racun dari yang diserap dari perut ke dalam tubuh. Kadang-kadang, beberapa dosis arang aktif yang diperlukan untuk mengobati keracunan yang parah.
Biasanya, arang aktif  tidak efektif dan tidak boleh digunakan dalam keracunan jika racun  korosif seperti alkali (lye) dan asam kuat, zat besi, asam borat, lithium, produk minyak bumi (misalnya, cairan pembersih, minyak batu bara, bahan bakar minyak, bensin, minyak tanah, thinner), atau alkohol telah ditelan, karena tidak akan mencegah racun ini diserap ke dalam tubuh.

Beberapa produk arang aktif mengandung sorbitol. Sorbitol adalah pemanis.
Ia juga bekerja sebagai pencahar, penghapusan racun dari body.Products yang mengandung sorbitol harus diberikan hanya di bawah pengawasan langsung dari dokter karena diare berat dan muntah bisa terjadi. Arang aktif belum terbukti efektif dalam mengurangi diare dan gas usus.