Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Terbaru

Cara Membuat Burger Hitam

Akhir-akhir ini di indonesia lagi tren burger hitam dan kue-kue yang berwarna hitam, Sebelum di indonesia burger hitam pertama kali tren di negara JEPANG yang di perkenalkan oleh Burger King dari roti hingga kejunya berwarna hitam. Anda penasar bagai mana cara membuatnya simak penjelasan brikut ini :


Resep ini dibagikan oleh seorang pengguna 2ch, sebuah webforum terbesar di Jepang, yang lalu dibagikan oleh Kotaku (7/11/14). Sekilas langkah-langkahnya mungkin terasa rumit, namun semakin sering kalian mencoba, kalian akan semakin terbiasa dan mahir.
Langkah pertama, kumpulkan dulu bahan-bahannya. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di supermarket dekat rumah kalian. Contohnya, pengguna 2ch ini menggunakan 100% daging sapi Jepang untuk burger-nya, namun kalian bisa menggantinya dengan daging sapi lokal.

 Karena resep ini adalah resep burger hitam, jadi mari kita mengetahui cara-cara untuk membuat roti berwarna hitam. Bahan yang paling penting adalah cumi-cumi.

Nah, inilah cumi-cumi itu. Karena burger hitam memiliki saus berwarna hitam, yang terbuat dari tinta cumi-cumi, jadi kalian harus mengeluarkan tinta dari cumi-cumi ini. Kalian lihat ada tinta hitam di dekat benda berwarna oranye? Itulah tintanya.


Kini kalian memiliki kaki cumi di sisi kanan, dan di mangkok kiri itulah tinta cumi.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan saos dan cuka dalam tinta cumi, begitu juga dengan garam dan merica untuk menambah rasa.

 Campurkan semua bahan hingga kalian mendapatkan saus berwarna gelap seperti gambar di bawah ini. Saus ini nantinya akan dioleskan pada burger.

 Nah, sekarang saatnya membuat roti. Roti hitam mendapatkan warna hitamnya dari arang bambu (takesumi), jadi siapkan beberapa arang bambu dan giling hingga menjadi bubuk halus.

 Di Jepang, takesumi digunakan untuk memasak. Jadi tidak aneh jika ada masakan yang dibuat menggunakan arang bambu.

 Selanjutnya, tambahkan air sehingga menjadi larutan berwarna hitam.


Tuangkan larutan hitam tersebut ke dalam tepung untuk membuat roti.

 Uleni selama kira-kira 20 menit dan kalian akan mendapatkan bentuk seperti ini.

 Diamkan selama 1 jam.

 Bulatkan adonan menjadi berbentuk seperti roti burger, lalu oleskan telur di bagian atasnya.


Panggang di suhu 180 derajat Celcius selama 15 menit.


Oleskan saus tinta cumi di bagian bawah roti.

 Tambahkan daging, bawang, saus bawang pedas, keju, selada, paprika, saus mayones, dan ta-daa…

 Jadilah burger warna hitam ini!

 Ngomong-ngomong, kalian jangan terlalu terpaku dengan isian burger ini. Kalian bisa mengisinya dengan variasi yang kalian suka, seperti menambahkan ekstra keju, smoked beef, dan lain sebagainya. Selamat makan!

 Sumber : japanesestation.com