Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Terbaru

Informasi Tentang Arang Aktif


Arang umumnya  terbuat dari gambut, batubara, kayu, tempurung kelapa, atau minyak bumi dan bambu.
"Arang aktif" mirip dengan arang umumnya, tetapi dibuat khusus untuk digunakan sebagai obat. Untuk membuat arang aktif, dibutuhkan panas samapai 1000  drjt hasilnya akan mengembangkan banyak ruang internal atau "pori-pori." Pori-pori ini membantu arang aktif "perangkap" bahan kimia.





Arang aktif digunakan untuk mengobati keracunan, mengurangi gas usus (perut kembung), menurunkan kadar kolesterol, mencegah mabuk, dan mengobati masalah aliran empedu (kolestasis) selama kehamilan.

Bagaimana cara kerjanya? 

Arang aktif baik dalam menangkap bahan kimia dan mencegah penyerapan mereka.

Menjebak bahan kimia berfungsi  menghentikan beberapa jenis keracunan bila digunakan sebagai bagian dari pengobatan standar .

Menurunkan kadar kolesterol.
Sejauh ini, studi penelitian tidak setuju tentang efektivitas mengambil arang aktif melalui mulut untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Penurunan gas (perut kembung). 
Beberapa studi menunjukkan bahwa arang aktif sangat  efektif dalam mengurangi gas usus, tetapi penelitian lain tidak setuju. Ini terlalu dini untuk sampai pada suatu kesimpulan tentang hal ini.

Mengobati aliran empedu berkurang (kolestasis) selama kehamilan. 
Mengambil arang aktif melalui mulut tampaknya membantu mengobati kolestasis pada kehamilan, menurut beberapa laporan penelitian awal.

Mencegah mabuk.
Arang aktif termasuk dalam beberapa obat mabuk, tetapi beberapa ahli yang skeptis tentang seberapa baik mungkin bekerja.
Arang aktif tampaknya tidak untuk menjebak alkohol baik.

Kondisi-kondisi lain.
Bukti lebih lanjut diperlukan untuk menilai efektivitas arang aktif untuk menggunakan ini.

Interaksi/ Efek samping :
Arang aktif adalah aman untuk  orang dewasa bila digunakan jangka pendek. Efek samping dari arang aktif termasuk sembelit dan tinja berwarna hitam.

Lebih serius, tapi jarang, efek samping adalah memperlambat atau penyumbatan dari saluran usus, regurgitasi ke paru-paru, dan dehidrasi.

Tindakan Pencegahan Khusus & Peringatan: 

Kehamilan dan menyusui: Arang aktif mungkin aman bila digunakan jangka pendek jika Anda sedang hamil atau menyusui, namun berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum menggunakan jika Anda sedang hamil.

Gastrointestinal (GI) penyumbatan atau gerakan lambat makanan melalui usus: Jangan gunakan arang aktif jika Anda memiliki jenis obstruksi usus. Juga, jika Anda memiliki kondisi yang memperlambat perjalanan makanan melalui usus Anda (mengurangi peristaltik), tidak menggunakan arang aktif, kecuali Anda sedang dipantau oleh penyedia layanan kesehatan Anda


 Seluruh data ini dilansir  dari website  webmd.com