Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Terbaru

Arang Bambu Untuk Roti


Arang memang dikenal akrab sebagai bahan bakar ang digunakan untuk memasak pada tungu tradisional. Pada zaman moden ini hanya sedikit orang ang mengenal tungku atau bahkan arang sebagai bahan bakar. Awam ini bahkan kita hanya akan mendapati arang di rumah makan atau restoran yang menyajikan sate atau jenis makanan bakar seperti ikan, ayam atau bahkan bebek. Sebagai bahan bakar, arang dikenal memiliki banyak kelebihan yaitu lebih murah, menyimpan paas lebih lama dan mampu meningkatkan kualitas aroma serta rasa maknan yang dimasak. Secara umum arang dibuat dengan membakarkayu, batok atau bahkan bambu.

Arang bambu sendiri saat ini tidak hanya dikenal sebagai bahan bakar namun dikenal sebagi bahan tambahan pangan atau bahan pewarna makanan. Jika anda mendapati roti berwarna hitam, maka sudah dapat dipastikan arang bambu digunakan dalam proses pembuatannya. Penambahan arang bambu sendiri di dalam roti membawa banyak hal positive dan keutungan bagi orang yang mengkonsumsinya. Berdasaran penelitian yang dilakukan, arang bambu mengandung zat yang benama activated charcoal yang memiliki efek detoksifikasi sangat maksimal bagi tubuh.

Penambahan arang bambu dalam roti biasanya digunakan untuk memberi efek unik dan kreatif pada makanan. Jenis roti yang biasannya menggunakan campuran arang bambu ini adalah roti burger. Salah satu perusahana burger di Jepang bahkan emnjadi terkenal karena Bun hitamnya yang ia produksi pada acara Holloween. Activated charcoal yang terdapat dalam arang bambu sendiri dipercaya mampu menyerap berbagai zat racn dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui saluran ekskresi manusia.


Hal ini memang erat kaitannya dengan proses detoksifikasi yang secara alami terjadi dalam tubuh manusia. Beberapa zat racun yang dapat terdeteksi dan terserap secara sempurna oleh arang bambu adalah formalin, besi, sianida, asam lemak dan merkuri. Pestisida yang digunakan ada pertanian konvensional dan terserap di dalam sayuran dan buah yang kita konsumsipun akan dengan mudah terserap oleh arang bambu. Selain dalam roti, arang bambu juga dapat dicampurkan dalam mie dan minuman